Electricity Lightning

Sunday, February 5, 2017

Perintah Dasar Pada Blender


•TAB key – Berfungsi untuk mengubah antara “edit mode” dan “object
select mode”. 
• “O” key –Berfungsi untuk mengaktifkan “proportional vertex editing” pada
“edit mode”.
• “A” key – Berfungsi untuk memilih semua vertices yang terdapat pada
sebuah obyek.
• “B” key – Berfungsi untuk memilih banyak obyek dengan menggunakan
windows drag.
• Space bar – Berfungsi untuk menampilkan menu tool.
• Number pad – Berfungsi untuk mengontrol view. “7” untuk “top”, “1”
untuk “front”, “3” untuk “side”, “0” untuk “camera”, “5” untuk
“perspective”, “.” Untuk memperbesar obyek yang telah dipilih, “+” dan “-“
untuk memperbesar atau memperkecil.
• Mouse – Klik kiri berfungsi untuk mengubah, Klik kanan berfungsi untuk
memilih, Klik tengah atau scroll berfungsi untuk memperbesar dan
merotasi view.
• Shift key – Berfungsi untuk memilih obyek lebih dari satu dengan cara
menahan tombol Shift dan Klik kanan.
• Arrow key – Berfungsi untuk pembuatan frame dalam sebuah animasi.
• “R” key – Berfungsi untuk merotasi sebuah obyek atau vertices.
• “S” key – Berfungsi untuk mengatur skala sebuah obyek atau vertices.
• “G” key – Berfungsi untuk memindahkan sebuah obyek atau vertices.
• “P” key – Berfungsi untuk memisahkan vertices yang dipilih menjadi sebuah
obyek didalam “edit mode”.• Shift + “D” – Berfungsi untuk menduplikat sebuah obyek atau vertices.
• “E” key – Berfungsi untuk meng-extrude vertices yang telah dipilih didalam
“edit mode”.
• “U” key – Didalam “object mode” berfungsi untuk menampilkan SingleUser menu, sedangkan didalam “edit mode” berfungsi sebagai “undo”.
• “M” key – Berfungsi untuk memindahkan obyek ke layer lain. Didalam “edit
mode” berfungsi sebagai “Mirror”.
• “Z” key – Berfungsi untuk merubah view dari wireframe menjadi solid.
• Alt + “Z” – Berfungsi untuk merubah view tekstur atau tembus pandang.
• “P” key – Berfungsi untuk memulai mode game.
• ALT / CTRL + “P” – Berfungsi untuk membuat atau menghapus hubungan
Parent/Child.
• “N” key – Berfungsi untuk menampilkan info sebuah obyek dalam bentuk
numeric.
• Ctrl + “J” – Berfungsi untuk menggabungkan obyek.
• Alt + “A” – Berfungsi untuk menjalankan animasi.
• “F” key – Berfungsi untuk membuat sebuah sisi pada “edit mode”.
• “W” key – Ekspresi Boolean untuk menggabungkan atau mengiris pada 2
obyek atau lebih.
• “X” atau Delete – Berfungsi untuk menghapus obyek, vertices, atau sisi.
• Function keys – F1 = Load File, F2 = Save, F3 = Save Image, F4 = Lamp
Buttons, F5 = Material Buttons, F6 = Texture Buttons, F7 = Animation
Buttons, F8 = Real Time Buttons, F9 = Edit Buttons, F10 = Display Buttons,
F11 = Last Render, F12 = Render.
• “I” key – Berfungsi untuk memasukkan animasi.
• ALT + “U” – Berfungsi untuk menampilkan “Global Undo Command”.• ALT + “C” – Berfungsi untuk mengkonversi menjadi meshes, text dan
curves.
• Shift + Space – Berfungsi untuk menampilkan seluruh layar atau hanya pada
viewport yg aktif saja.
• Ctrl + “0” – Berfungsi untuk memilih sebuah camera.

TAB key – Berfungsi untuk mengubah antara “edit mode” dan “object
select mode”. 
• “O” key –Berfungsi untuk mengaktifkan “proportional vertex editing” pada
“edit mode”.
• “A” key – Berfungsi untuk memilih semua vertices yang terdapat pada
sebuah obyek.
• “B” key – Berfungsi untuk memilih banyak obyek dengan menggunakan
windows drag.
• Space bar – Berfungsi untuk menampilkan menu tool.
• Number pad – Berfungsi untuk mengontrol view. “7” untuk “top”, “1”
untuk “front”, “3” untuk “side”, “0” untuk “camera”, “5” untuk
“perspective”, “.” Untuk memperbesar obyek yang telah dipilih, “+” dan “-“
untuk memperbesar atau memperkecil.
• Mouse – Klik kiri berfungsi untuk mengubah, Klik kanan berfungsi untuk
memilih, Klik tengah atau scroll berfungsi untuk memperbesar dan
merotasi view.
• Shift key – Berfungsi untuk memilih obyek lebih dari satu dengan cara
menahan tombol Shift dan Klik kanan.
• Arrow key – Berfungsi untuk pembuatan frame dalam sebuah animasi.
• “R” key – Berfungsi untuk merotasi sebuah obyek atau vertices.
• “S” key – Berfungsi untuk mengatur skala sebuah obyek atau vertices.
• “G” key – Berfungsi untuk memindahkan sebuah obyek atau vertices.
• “P” key – Berfungsi untuk memisahkan vertices yang dipilih menjadi sebuah
obyek didalam “edit mode”.• Shift + “D” – Berfungsi untuk menduplikat sebuah obyek atau vertices.
• “E” key – Berfungsi untuk meng-extrude vertices yang telah dipilih didalam
“edit mode”.
• “U” key – Didalam “object mode” berfungsi untuk menampilkan SingleUser menu, sedangkan didalam “edit mode” berfungsi sebagai “undo”.
• “M” key – Berfungsi untuk memindahkan obyek ke layer lain. Didalam “edit
mode” berfungsi sebagai “Mirror”.
• “Z” key – Berfungsi untuk merubah view dari wireframe menjadi solid.
• Alt + “Z” – Berfungsi untuk merubah view tekstur atau tembus pandang.
• “P” key – Berfungsi untuk memulai mode game.
• ALT / CTRL + “P” – Berfungsi untuk membuat atau menghapus hubungan
Parent/Child.
• “N” key – Berfungsi untuk menampilkan info sebuah obyek dalam bentuk
numeric.
• Ctrl + “J” – Berfungsi untuk menggabungkan obyek.
• Alt + “A” – Berfungsi untuk menjalankan animasi.
• “F” key – Berfungsi untuk membuat sebuah sisi pada “edit mode”.
• “W” key – Ekspresi Boolean untuk menggabungkan atau mengiris pada 2
obyek atau lebih.
• “X” atau Delete – Berfungsi untuk menghapus obyek, vertices, atau sisi.
• Function keys – F1 = Load File, F2 = Save, F3 = Save Image, F4 = Lamp
Buttons, F5 = Material Buttons, F6 = Texture Buttons, F7 = Animation
Buttons, F8 = Real Time Buttons, F9 = Edit Buttons, F10 = Display Buttons,
F11 = Last Render, F12 = Render.
• “I” key – Berfungsi untuk memasukkan animasi.
• ALT + “U” – Berfungsi untuk menampilkan “Global Undo Command”.• ALT + “C” – Berfungsi untuk mengkonversi menjadi meshes, text dan
curves.
• Shift + Space – Berfungsi untuk menampilkan seluruh layar atau hanya pada
viewport yg aktif saja.
• Ctrl + “0” – Berfungsi untuk memilih sebuah camera.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Powered by Blogger.

Kategori

Kategori

Paling Dilihat

Subscribe Here

Recent

Flickr

Comments